Monday, March 16, 2020

Menstrual Cup Review: ELA CUP!

Wow, ternyata udah 8 bulan ya aku switch dari pembalut biasa ke menstrual cup. Seperti yg udah pernah aku singgung di Instastory beberapa bulan lalu, kalau sebenernya udah pengen pake menscup itu sejak akhir tahun 2016 waktu pertama kali pindah ke India. Di India sendiri brand lokal menstrual cup itu banyaaakk banget dan produknya pun mudah didapat baik di offline/online store, kayak di health & glow gitu (semacam watson/guardian kalo di Indo) atau beberapa chain supermarket biasanya ada.

Karena memang penanganan sampah di India tidak se-convenient di Indonesia yg tinggal lempar ke bak sampah doang trs ada truk sampah ngutipin dan tukang sampahnya yg milah2. No, disini (di kerala ya, aku ga tau klo state lain) food waste sama sampah plastik aja Truk sampah yg ngangkutnya beda. Itupun mereka ga terima sampah pad/diaper. Bahkan yg tinggal di flat atau apartemen pun biasanya udah diwanti2 sm pengelola aprtemen kalo sampah popok sm pembalut harus kita buang sendiri ke landfill yg jaraknya bs berkilo2 dari flat.

Di rumah mertua malah lebih horor, pembalut bekas pakai masih berdarah2 biasanya dijemurin di lubang angin kamar mandi, biar kering trs gampang dibakarnya. Ew!

Ga heran produk kayak reusable cloth diaper/pad atau pembalut/pantyliner biodegrade itu lumayan laris sih di India. Di kerala aja sekarang sejak 2020 ini udah bebas plastik sama sekali, di semua toko (even di warung2 kecil & tkg ikan) adanya yaa plastik biodegrade dari serat tumbuh2an yg tipis2 bgt itu loohh sama paperbag. ☺️

Tapi yaa i’m not complaining, aku gapapa persampahannya ribet yg penting urusan birokrasi cepet, toh ada bagusnya karena sampah plastik itu kan ratusan tahun terurainya.

Balik lagi soal menstrual cup, akhir tahun lalu aku sempet dapet kiriman dari @my.elacup sebagai hadiah giveaway yg mereka adakan bulan november kemarin.



Ela cup sendiri merupakan salah satu brand menstrual cup asal India yg sudah terdaftar FDA dan memang cup nya sendiri made in USA.

Kebetulan beberapa bulan terakhir aku mmg lagi nyari2 menstrual cup yg udah FDA registered buat ganti menscup aku yg lama dan menstrual cup dari elacup ini salah satu yg ada di wishlist karena tertarik sama desain stemnya yang pendek.

Waktu pertama kali buka paket dan liat cup nya, ASTAGA kok gemesin giniii menscupnya bening, bulet, kechill. Ukurannya 1cm lebih pendek dari punyaku yg lama tp kapasitasnya sama 25ml. Selain menstrual cup, di dalem kotak ada sterilizing container, manual (yg super lengkap bgt) dan pouch kain buat nyimpen menstrual cupnya klo pas lagi ga dipake. Sterilizing containernya ini microwaveable dan bisa dilipet jd gampang banget buat dibawa kemana2.


sterilizing container elacup
Sterilizing Container
sterilizing container
setelah dilipat
Aku ga punya microwave sih tapi tetep kepake buat sterilin menscup di rendaman air campur cuka tiap selesai period. Udah gitu kotaknya kokoh banget & ada magnetnya gitu buat buka tutup, bisa buat nyimpen obat2an atau aksesoris, kalo aku, kepake buat nyimpen oils. Luvv ❤️❤️❤️

Ehiya, walaupun mensrual cupnya ini made in USA tapi pouch sama sterilizing containernya buatan india sama cina ya. Jujur aku kurang suka sih sama pouchnya karena selain bahannya agak kasar, aku ngerasa ukuran pouchnya terlalu besar buat sekedar nyimpen sebiji menstrual cup doang. Jatuhnya malah kayak boros kain. Mungkin sih berguna kalo dialihfungsikan buat nyimpen yg lain2, ya apa misalnya, dijadikan produce bag buat beli teri seperempat kilo gitu, lol.



REVIEW AKU SETELAH 3 BULAN PAKE?


ENAAKK BANGEETT!
Memang ya kualitas ga bisa boong, wkwk.
Walopun pas pertama pake sempet panik sih karena ternyata elacup ini bahannya lebih firm dari menscup aku yg biasa. Memang dia bentuknya lebih mungil tapi karena silikonnya lebih tebel jadi pas dilipat dia jadi kurang fleksible. 

Segala macem teknik folding sudah kucoba tapi tetep aja menscupnya kabur2an terus, hedeh. Mungkin ada unsur nervous jjuga kali ya karena sunggu kutakmenyangka cup yg sekechill, imut dan gemes gitu ternyata pas dilipet jatohnya tetep tebel. Seketika kumerasa terintimidasi. YAAUTOPANIQUE. Lol.

elacup

Udah pegel banget pen nangis mau nyari lubricant eh tau;tau berhasil (yang anehnya) dengan C-Fold. Siklus pertama lumayan penuh drama sih karena ga tau kenapa kok bocor terus. Hari pertama, bocor pas baru bangun tidur setelah pemakaian 12 jam. Bocor lumayan banyak yg bukan cuma kayak spot gitu sampe2 aku mikir ini menscup kejungkir apa gimana di dalam vagina kok bocornya sampe luber2 gitu. Akhirnya seharian terpaksa pake back up pad karena harus traveling naik kereta.

Hari kedua, sempet kepikiran mau kontak CS mereka mau minta tuker size karena yaa apa aku salah pilih size. Kebetulan aku waktu itu pesen size mini (mereka ada 3 size, btw) yg seharusnya diperuntukkan kepada ciwi2 abg bukannya mak2 20an akhir yg bahkan sudah lahiran vaginal, lol.

Elacup size
details

Walopun sebenernya diameter size mini ini cuma beda 1 milimeter lebih kecil doang sama cup yg lama, yamasa apa sepengaruh ituu. Tapi untungnya di hari ketiga dan seterusnya udah aman sih karena udah ketemu “cantolan”nya. Ternyata dari kemarin memang belum “pas” aja sih makenya.


LEPAS PASANG CUMA 30 DETIK!

Iyaalooh, serius!
Jadi karena materialnya ini lebih firm, rimnya lebih kokoh dan stem sm grip ring-nya lebih mantep (dari yg lama) proses lepas pasangnya jadi jauuhh lebih cepet.

short stem and firm grips


Pas dimasukin dia langsung nge"pop" terbuka sempurna, ga ada cerita rim masih kelipet di dalem yg berujung jadi celah kebocoran. Stemnya pun bulet, mantep, jadi walaupun sia lebih pendek dan seluruh cup+stem ada di dalam vagina, ngeluarinnya ga susah sama sekali.

Dulu aku pake menscup itu jarang banget lepas setelah 12 jam, paling cepet 13-15jam, dan di hari2 terakhir malah lepas setelah 24jam. Abisnya males bgt lepas pasang cup, toh enggak bocor ini dan flow aku kan memang sesedikit ituu. Tapi lama2 yhaa ngeri juga,kalo sampe kena TSS kan serem๐Ÿ˜ญ (TSS= toxic shock syndrom, yg ga tau bisa gugel, kok ๐Ÿ˜) 

Sekarang sejak pake elacup ini, tiap 6 jam lepas pasang pun ga masalah. Karena memang cuma 30detik doang, segampang itu sih, cuman kayak pipis doang.


SO, FINAL THOUGHT?


Jujur, untuk pemula yg gampng jiperan kayak akuu, aku lebih recommend brand menstrual cup punya aku yg lama sih, karena dari bahan memang lebih lentur dan lembut. Cuma yhaa gitu, setelah proses rebus berkali2 mau ga mau jadi lethoy lemes bagai mulut netijen, wkwk. 

Tapi untuk insan2 berjiwa kuat, tak mudah gentar, apalagi yg aktivitas fisiknya tinggi, elacup ini recommended sekaliii. Udahlah, stemnya pendek jd no-potong2-club, lepas pasangnya gampang pun, tinggal set-set-set. ๐Ÿ˜›

Dan Untuk menstrual cup yang sudah teregistrasi USFDA, dibanding menscup sejenis lain buatan Eropa & Amerika, menurutku elacup ini affordable sekali dengan kualitas tidak mengecewakan. Di India sendiri harga per-cupnya (tanpa sterilizing container) diretail di harga 1.299 rupee alias 260ribuan saja, bisa juga beli paket duo (tapi kudu beda size) di harga 400k, atau elacup kit (with sterilizing container) seharga 360k.

Udah gitu mana mereka sering ngadain promo2 gitu, misalnya bulan maret ini aja ada promo gift one get one (untuk merayakan hari perempuan) dimana kita bisa beliin satu paket elacup untuk dikirim ke temen/keluarga/perempuan2 lain yg butuh, terus elacup bakal ngirim 1 paket yg sama ke alamat kita sendiri. Udah kayak buy 1 get 1 free ga sih, bisa hemat bagi 2 temen jadi berapa coba? 180k doang udah sama sterilizing container bisa buat stok menstruasi 5-7 tahun, loh. Gimana ga recomended coba?

Sayangnya memang elacup ini baru available di India sama UAE doang. Tapi denger2 mereka ada rencana distribute ke Asia Tenggara juga kok, khususnya Indonesia, Malaysia dan Singapura. semoga aja tahun ini produknya udah ada di Indonesia ya. Yang mau kepo2 dulu silahkan intip websitenya di elacup.com

No comments:

Post a Comment

Hai hai terimakasih udah mampir dan baca sampai akhir. Silahkan tinggalkan komentar biar aku bisa mampir ke blog kalian juga.
Cheers :D

UA-111698304-1