Friday, August 07, 2020

About Weaning (and What To Expect)

Yak jadi tibalah kita di salah satu postingan yang ditunggu-tunggu segenap mak-mak kenalan. Tentang menyapih. Kalo influencer bilang mah highly requested gituuu, ceunah 😝


Jujur sih masih agak-agak terharu gimana gitu sampe sekarang mengingat Zishan udah disapih *lebay ya bodo amat* karena memang buat aku fase menyusui itu lebih dari sekedar rahasia kurus tanpa perlu diet dan olahraga wkwkwk urusan “menghidupi anak”.


Para busui pasti lah tau rasanya, karena memang menyusui bisa dibilang semacam solusi / jawaban dari segala drama dan teka-teki pengasuhan.

Anak ngantuk ✅ nenen .

Anak cranky capek+laper ✅ nenen.

Anak sakit, demam, flu, diare ✅ nenen.

Anak nangis kepentok pintu ✅ nenen.

Anak badmood for unknown reason ✅ nenen.


πŸ’― problems solved ✅✅✅


Jadii, mumpung sekalian lagi world breastfeeding week kan ini alias pekan menyusui internasional, sekalian deh tulis cerita penyapihan Zishan di blog ini. Kebetulan banget baru bulan Juni kemarin AKHIRNYAA dia lepas nenen. Alhamdulillaaaahh Ya Allahh, padahal ngeliat gelagatnya mamak udah hopeless kirain Z bakal terus nenen ampe 2021, wkwkw...


Jadi apa saja cara-cara yang aku tempuh sampai akhirnya Zishan sukses disapih di usia 2 tahun 3bulan?


Mari simak langkah-langkahnya ya moms.*wkwkw sotoy bet melyn 🀣 *



🍼 Mengurangi Waktu Menyusui

Semakin beranjak besar frekuensi menyusui Z secara natural berkurang sendiri. Kebutuhan menyusu pelan-pelan tergantikan dengan keinginan mengeksplor segala hal yg ada di sekitarnya.


Praktis lewat 1.5 tahun jadwal menyusu Z ya cuma saat mau tidur siang dan malam aja. Jadi cukup jarang sih tengah hari di antara jam makan atau main gitu dia tiba-tiba minta nyusu. Begitupun kalo kebetulan lagi di luar rumah, sebisa mungkin kalo Z minta nenen pas lagi di mobil atau dimana gitu aku alihkan ke hal lain atau tawarkan susu UHT sebagai gantinya.


Kecuali memang kalau sedang travelling naik kereta api (Z sering sulit tidur di kereta api karena terang dan berisik) atau di perjalanan jauh gitu biasanya aku akan tetap susui Z demi menjaga moodnya tetap terkendali. 


🍼 Sounding

Dari usia 20 bulan, setiap waktu nenen, apalagi saat-saat menjelang tidur aku mulai sering sounding soal weaning.

  • Bahwa sebentar lagi Z sudah tidak akan nenen lagi.
  • Bahwa yang butuh nenen itu hanya anak bayi sedang anak yang sudah besar tidak perlu lagi menyusu pada ibunya. 

Pembahasannya super panjang dan detail, dari mulai kapan spesifiknya, aku bilangnya kalo Z udah ulangtahun, kita akan potong kue dan orang-orang akan nyanyi happy birthday, etc pokoknya aku ceritakan segalanya dengan detail dan terperinci, lol, sampe anaknya bosen sih biar πŸ€ͺ. Tapi intinya sih ya dua ituu, diputer-puter terus sepanjang hari sampe anaknya bosen, wkwk..


Hasilnya, waahhh Z malah jadi makin posesip sama nenen. Ya wajar sih, seumur hidup taunya nenen tetiba ibu bilang bentar lagi nggak boleh nenen, reaksi pertamanya tentu saja denial, gak terima. 

Ibu ngomong apasih masa aku gak nenen lagi, gak masuk akal banget πŸ™„

Gitu kali ya yg ada di kepalanya dia. πŸ˜…


Lha tapi kok makin disounding eh bocil makin-makin nemplok mulu. Padahal dulunya tiap mau tidur ya nenen - kenyang - lepas sendiri sukarela - balik badan munggungin ibu - pules.


Setelah terpapar sounding ibu, tiap nenen sebelum tidur tuh jadi lamaaaa. Masha Allaahh luar biasa bolak balik kanan kiri kanan kiri kanan gak kelar-kelar. Dilepas-bangun-nenen lagi-dilepas-bangun-nenen lagi begitulaah siklusnya sampe negara api menyerang, mamaknya ilang kesabaran πŸ‘Ή


Bahkan tidur malam pun yg tadinya cuma bangun nyusu 1-2kali doang mendadak bisa bangun tiap 3-4 jam minta nenen 😒.


Yawlaa yg niatnya mau gentle weaning jadi ga gentle-gentle amat gegara emaknya keburu kesel plus sleep deprived.


Seketika merasa salah langkah, apa harusnya dari awal ga usah disounding aja? 🀨 Tapi karena udah kebiasaan berbulan-bulan tetep aja sebelum tidur sambil nenenin ya ngobrolnya soal weaning. Bedanya kalo di awal-awal soundingnya netral, lama-lama soundingnya berubah sambil agak nyindir2 halus.

“Nenen itu buat bayi loh, Nak. Tau kan? Yang nenen ituu ANAK BAYIIII. BAYIIII tau gaaak?”


🍼 Makmiri (Emak-emak Nyindir Anak Sendiri).

Setelah ultah Z yg kedua, emak-emak senior di lingkungan rumah udah pada ribut ngasih saran (padahal mah siapa yg minta) dari mulai coba dioles minyak putingnya (minyak apeee minyak bulus?), pakein lipstik (gak sekalian gambarin alis lalu kasih highliter?), cocol brotowali (lebih mantep cocol saos) hingga kasih dot, yang mana tentu tidak kugubris selain karena ntar males nyapih dotnya mungkin cara-cara itu baru akan kupakai sebagai opsi paling terakhir misalnya kalau sampai Z ternyata masih belum bisa lepas nen sampai mau masuk SD, gitu kan wkwk namanya juga kepepet mo gimana lagi, lol. 🀣


Jadi setiap kali sudah waktu tidur dan Z minta jatah nenennya, biasanya aku akan coba mengalihkan perhatian, pura-pura ga denger, atau tawarin peluk atau gendong.


Waktu tidur siang merupakan yang paling sulit, karena entah kenapa Z bener-bener ga bisa tidur tanpa menyusu di siang hari. 


Skenario 1:

πŸ‘ΆπŸ» Buu, nenen.

πŸ§• Abang, cicak mana yaa cicak? Cari cicak yuk (berusaha mengalihkan)

πŸ‘ΆπŸ» (Celingak celinguk sekejap nyariin cicak, kemudiaan...) Buu, nenen.

πŸ§• (pura-pura gak denger)

πŸ‘ΆπŸ» Buuu.. (mulai kesel)

πŸ§• Apa Nak?

πŸ‘ΆπŸ» Nenen.

πŸ§• Cicak mana ya cicak? πŸ‘€πŸ¦Ž


Skenario 2: 

πŸ‘ΆπŸ» Buuk, nenen 

πŸ§• Ibu gendong aja ya abang?

πŸ‘ΆπŸ» (ngangguk. Digendong 15 menit, kemudian colek-colek ibunya) ...NHENEEENNN


Kalau udah gitu yaudahlah yaa, mau gimana tetep kasih nenen sambil tak lupa terus-terusan sindir ngingetin kalau nenen itu apaaa sodara-sodara?  NENEN ITUUU... UNTUK ANAK BAYIII.


Skenario 3: Lagi Nenen.

πŸ§• Bang abang tau kan yang nenen itu anak bayi?

πŸ‘ΆπŸ» .... (Diem. Mungkin lagi pura-pura gak denger niru jurus emaknya)

πŸ§• Abang masih bayi ya?”

πŸ‘ΆπŸ» (geleng)

πŸ§• oh udah besar?

πŸ‘ΆπŸ» (angguk)

πŸ§• udah besar kok masih nenen yaaa? Bayi kali nih? Bayi kaaan?
πŸ‘ΆπŸ» (pura-pura ga denger)
πŸ§• Abang kan sudah besar, sudah 2 tahun, kan kemarin kita potong kue, nyanyi selamat ulang tahun sama si A, si B, si ... (absenin semua nama anak tetangga) jadi kan harusnya abang sudah besar, kalau sudah besar.. bla..bla..bla..
πŸ‘ΆπŸ» ..... (fell asleep)

Yawlaa ibu ditinggal tidur tapi gakpapa deh emang tujuannya biar dia tidur kan diulangin terus sampeeee anaknya baper sendiri. Wkwkwk
Tadinya juga gak nyangka sih masa anak 2 tahun bisa baper, ternyataaa bisaaa, lol.

Akibat baper ini Z jadi tantrum terus setiap mau tidur siang, dan super sensitif kayak ibu kalo lagi PMS πŸ™ˆ.

Udah ngantuk mau nenen tapi giliran ibu sodorin nenen malah ngamuk. 

Yagimana sih baru ini ceritanya ditawarin nenen terus ngamuk. Ibu pucing, serba salah, disentuh dikit jerit jadi ibu ga bisa peluk, ibu ngomong dipukul, ibu pergi keluar kamar (kirain sebel liat ibu kan makanya mau melipir dulu) lah dia makin histeris. 

Orang serumah ampe puyeng, tetangga-tetangga gempar dikira ada anak lagi disiksa emaknya. Asli sih, Z nangisnya lama bener, hampir sejam tapi emang beda yaa sejam nungguin anak meltdown mah ga kayak sejam nonton drakor.

Akhirnya coba konsultasi online sama psikolog anak karena udah mulai berantem sama orang rumah kenapa anak nangis kejer dibiarin lah siapa yg biarin orang anaknya sendiri yg memang lagi pengen nangis gak mau diapa-apain. Lagipun aku ga sepakat sama orang rumah yg kalo Z tantrum tuh malah diiming-imingi beli es krim atau cokelat alias bribing.

Huhuu.. sungguh kubutuh dukungan profesional 😭.

Abisnya bingung aja dulu-dulu tiap nangis, badmood, atau jatuh Z selalu cari ibunya minta gendong/peluk gak sampe 10 detik langsung kalem. Yaini gimana nenanginnya kesentuh dikit aja makin histeris.

Untungnya setelah konsul jadi lebih tenang karena ternyata tantrumnya Zishan itu wajar, memang ada anak yg gak mau dipegang, disentuh atau diajak bicara/reasoning saat meltdown. Yaa kayak orang dewasa aja gitu kan kadang saat marah atau sedih kita butuh space.

Intinya sih ya udah cuma mau nangis aja meluapkan rasa frustasi, tapi tetep mau ditemenin karena saat anak lagi nunjukkin emosinya itu justru anak paling butuh orangtuanya untuk tetap merasa aman dan tidak ditinggalkan. Malah kata psikolognya ada anak yang nangisnya jauhh lebih lama dari Z bisa sampai sejam lebih.

🍼  Hidden Trick

Nahiniii salah satu cara yg aku rasa berperan besar dalam proses penyapihan Z. This thing works for me doesnt mean it shall work for you karena sepaham aku segala hal dalam parenting itu gak ada yang istilahnya one shoe fits all tapi yaa mana tau ada yg mau coba yakan.

Jadi kan ceritanya sekitar 3-4 hari berturut Z tantrum lama setiap kali mau tidur siang, beberapa hari kemudian tepatnya seminggu setelah ulang tahunnya yang kedua, tiba-tiba Z ga pernah minta nenen lagi. Bener-bener sama sekali. Semendadak itu sampe Ibu mellow kaget sendiri. Ada apa dengan anakku kenapa dia mendadak sudah dewasa.


Jadi apaitu apaitu trik rahasianya?


Setelah Z ulang tahun yg kedua aku mulai rubah cara penyampaianku soal weaning ke bentuk yang mungkin lebih bisa masuk ke Zishan. Di pikiranku waktu itu bisa aja kan selama ini aku ngomong terus “Nenen itu untuk bayi untuk bayi” tapi sebenernya Z belum bener2 paham konsep anak bayi itu seperti apa, konsep anak yg sudah besar itu seperti apa. Lagipun kalau dia dibilang bayi memang kenapa kalau masih bayi. Kira-kira begitulah.


Lalu setiap kali sedang nenen.

 πŸ§•: Abang, tau gak? si A (sebut nama sepupu/temennya Z) itu udah ga nenen loh nak, karena dia sudah besar, sudah bisa lari-lari, sudah bisa melompat, sudah bisa bicara. 

Kalau si B masih bayi dia masih nenen sm ibunya, karena bayi belum bisa bicara, belum bisa lari-lari etc.


(Intinya buat nunjukkin aja sih bedanya yg sudah besar dengan yg masih baiyi.)


Kalau abang bisa lompat tidak?


(Nah pas ditanyain ini dia kan berhenti nenen, bangun, lalu mulai lompat, lari, jungkir balik, salto etc intinya pamer skill motoriknya dia udah bisa ngapain aja)


Wah sudah bisa ya? Abang udah besar. Keren deh udah bisa semuanya. Beda ya kalau si B itu.. giniginiginigonogini (silahkan lanjut daftar apa aja yg belum bisa bayi lakukan) makanya dia masih nenen sama ibunya, karena belum bisa giniginiginigonogini (kembali disebutkan daftarnya pokonya ditekankan sejelas mungkin).


Nah pelan-pelan dia mulai mengerti oh aku udah besar ya karena udah bisa lari, lompat etc.


Trs kalo pas ada sepupunya atau temannya datang kerumah suka aku tanyain di depan mereka semua.


πŸ§•: A kamu masih nenen tidak? (untuk membuktikan di depan Z kalo memang teman-temannya udah gak nenen)

πŸ‘¦πŸ»: Enggak

πŸ§•: Oh udah besar ya? Udah bisa naik sepeda juga kan? Coba tanyain Zishan deh dia masih nenen gak.

πŸ‘¦πŸ»: Abang emang masih nenen?

πŸ‘ΆπŸ»: Ngak (padahal masih).

πŸ§•: Emang enggak ya bang? Bener? Bukannya masih? (monmaap ini maknya Jican emang mulutnya knp nyinyir amat)

πŸ‘ΆπŸ»: ... Ibu, cicak? πŸ‘€πŸ¦Ž (mengalihkan pembicaraan)


Nah menurutku, cara gini lebih berhasil di Zishan (gak tau ya gimana anak lain) karena aku gak cuma menekankan pada nenen atau disapihnya, tapi lebih fokus ke milestone/kemampuan dia sehingga dia udah gak perlu lagi menyusu sama ibu.


Takjub sih, setelah beberapa kali coba ngobrol dengan cara ini, langsung works dalam beberapa hari karena setelah itu Z udah ga pernah minta lagi. Tapi kalaupun minta dia mintanya bisik-bisik aja (kayak takut orang denger) dan kalau ibu alihkan pun yaudah, gak pake drama.


Ibu udah lega 3 harian ga ada drama minta nenen eh malah anaknya mendadak demam tinggi tepat di hari ke 14 baru balik dari LN. Yawlaa terpaksa kembali lagi ibu nyodor-nyodorin nenen karena separno itu imun anak turun mana lagi pandemi juga.


Abis demam lanjut diare dsb dsb baru dua minggu kemudian bisa get on track buat weaning lagi. Sebenernya Ibu udah pasrah karena trik emas sebelumnya kayak udah gak efektif lagi, tapi yah tetep diterusin, mo gimana lagi cobaa.


Untungnya walopun gak langsung berhenti serta merta, pelan-pelan frekuensi menyusu Z jadi berkurang banget dari yg setiap hari (saat tidur siang) jadi seminggu 3-4 kali terus seminggu 1-2 kali, lalu 2 minggu sekali sampe lama-lama lupa sendiri.


Karena udah mulai jarang-jarang menyusu, entah kenapa aku pun mulai merasa gak nyaman setiap kali harus nyusuin dia dan Z kayaknya bisa merasakan itu.


Memang ya katanya kalau menyapih itu bukan cuma anak yang harus dipersiapkan tapi Ibu jg harus sudah siap lepas menyusui anak. Emang kerasa banget karena sebelumnya aku juga sebenernya mellow mau menyapih Z terbukti saat Z tiba-tiba berhenti nyusu pertama kali malah aku yg kaget sendiri.


Jadi ya begitulah cerita proses menyapih Z yg super panjang ini. Semoga gak pegel ya bacanya πŸ˜†. Mohon maaf aku gak bisa share soal payudara bengkak after weaning dan gimana cara menanganinya karena aku sendiri tidak mengalami. #humblebrag *shombooongg amat yu*


Ohiya, setelah disapih pun ternyata setiap malam Zishan sangat jarang kebangun minta susu/minum. Huhuu.. pertama kalinya Z bisa sleep through the night. Merdeka banget rasanya.


Padahal sebelum-sebelumnya aku udah ribet nyiapin skenario A,B,C dari mulai nyetok UHT, apel atau pisang di kamar kalau-kalau dia lapar tengah malam, mengingat selama ini ya setiap tidur malam tuh pasti kebangun.


Semoga Berfaedah & Happy World Breastfeeding Week ❤️



No comments:

Post a Comment

Hai hai terimakasih udah mampir dan baca sampai akhir. Silahkan tinggalkan komentar biar aku bisa mampir ke blog kalian juga.
Cheers :D

UA-111698304-1