Tuesday, January 09, 2018

#CERITAKEHAMILAN: Balada Dokter Kandungan

Setelah tahu kalo saya positif hamil, usaha pencarian dokter obgyn perempuan pun dimulai. Enggak kayak di Medan, ternyata nyari dokter obgyn perempuan di kota sekecil Binjai itu lumayan susah ya mak. Bukan lumayan sih, tapi ya emang susah, bayangin aja, setelah hampir dua minggu cari info kesana kemari plus keliling kota nyamperin rumah sakit satu per satu, ternyata dokter obgyn perempuan yang ada di Binjai cuma ada satu orang sahaja yakni dr. Eka Handayani, M.Ked (OG) Sp.OG.



(Baca: #CERITAKEHAMILAN Test Pack)

Beliau praktek cuma hari Kamis doang (13.00-16.00) di RS. Sylvani tapi praktek tiap hari kecuali weekend di kliniknya sendiri. Dokternya sih enak, baik, ramah, dan cantik juga. Tapi maaakk, cuma dokter perempuan satu-satunya gitu, kebayang lah gimana sibuk dan ramenya pasien beliau. Pertama kali datang ke Sylvani sesuai jadwal prakteknya, beliau ternyata lagi off. Sama rumah sakit malah disuruh ke kliniknya sajoo, nyampe kliniknya eh ternyata belum buka, untungnya bisa langsung daftar via sms sih, jadi nggak nyusahin.

Walaupun buka dari jam 16.00-21.00 tapi biasanya dr.Eka baru di klinik mulai habis maghrib. Waktu itu saya pun dihubungi kira-kira jam 8 malam dan langsung buru-buru ke tempat praktek beliau karena takut keburu tutup. Nyampe tempat prakteknya ternyata rameeee banget. Setelah nunggu kira-kira setengah jam lebih, saya pun dipanggil. Di dalem enggak lama-lama, saya ditanya sedikit dan  langsung diusg. Di layar baru kelihatan kantung kehamilan dan bakal janin. Udah gitu doang, nggak sampe satu menit, set..set.. set saya pun keluar. Waktu itu usia kehamilan saya 7 minggu 4 hari.
A post shared by Melyn Mel (@menmelyn) on
Bulan ketiga saya USG lagi sama dokter Eka tapi kali ini di Sylvani. Waktu itu saya pake BPJS jadi lumayan lama di administrasi sampe hampir satu jam-an. Eh giliran administrasi selesai dokter Eka-nya malah nggak tau kemana, pikir saya mungkin lagi nengok pasien rawat inap, saya tungguin lah kan ya. Tapi karena beliau bagai hilang ditelan bumi dan para suster nggak ada yang tahu keberadaannya jadinya saya malah disaranin consult ke dokter berikutnya aja, yang mana cowok. Lha? terus buat apa saya nguber-nguber dokter Eka dong ya. KZL.

Untungnya waktu saya mau jalan ke parkiran dokter Eka-nya nongol, jadi deh akhirnya saya nggak usah pusing nguber beliau hari kamis depan.
Terhitung tiga kali lah, saya konsultasi sama beliau, sekali di tempat prakteknya, dua kali di Sylvani. Itu tiga kali yang ketemu loh ya, saya pernah dua kali nguber-nguber dan nggak ketemu. Mana siang-siang panas naik motor T.T

Sebenernya enakan konsultasi di Sylvani sih, selain lebih murah (tempat prakteknya nggak bisa pake BPJS gengs T.T) waktunya juga lebih panjang, jadi enak kalau mau nanya-nanya enggak diburu-buru karena antriannya nggak sebanyak di tempat praktek.

Cuma susahnya di Sylvani itu, nggak bisa daftar lewat telpon atau sms, jadi kudu dateng ke rumah sakitnya buat ngambil nomer antrian. Kan makan waktu banget. Nggak praktis lah bolak balik gitu. Lagian juga si dokter ini datengnya nggak tentu jadwal kadang dateng jam 2, jam 3, kadang jam 2 udah balik. Jadi saya harus nelpon ke RS tiap 15 menit dari jam 1 siang untuk mastiin bu dokter udah dateng apa belum. Hhhh.. Kulelah.

Oleh sebab itulah akhirnya saya coba cari alternatif lain, yaitu bidan. Wkwkwk.. Untungnya setelah tanya sana-sini, saya direkomendasikan bidan Hj.Tina. Beliau punya klinik juga yang paling cuma tiga kilometeran dari rumah. Ibunya masih muda juga, baik, cantik, ramah. Waktu pertama kali kontrol beliau sabar banget ngejelasin macem-macem. Baik deh pokoknya.

Kliniknya juga 24 jam, selain ibu hamil banyak juga bayi-balita berobat di sini. Kalo siang juga ada dokter umum yang jaga. Cuma orangtua saya nggak setuju gitu saya ke bidan, maunya ya saya ke dokter kandungan. Tapi yaa gimana doong, saya nggak mau buang waktu antri lama-lama cuma buat konsultasi diburu-buru. Belum lagi harus nguber kesana kemari. Nggak deh, makasih, lagian aku cinta Ibu Tina, hueheheheh..

Kalau kalian lebih prefer bidan apa dokter kandungan?

2 comments:

  1. Mudah mudahan mbak dan bayi/ anak mbak sehat sehat terus sehingga tidak akan pernah membutuhkan dokter .. cukup mbak berurusan hanya dengan bidan mbak saja... saya juga pernah merasakan seperti yang mbak alami.. tapi saya sangat mengerti bahwa saya tidak terlalu memiliki hal yang emergensi dan kesibukan seperti yang tengah di alami dokter kandungan saya di saat saya harus menunggu beliau.. jadi saya berusaha untuk lebih bijak memahami hal ini. Karna saya yakin dokter itu lebih memilih menolong seorang perempuan yang seperti saya dan mbak yang lebih membutuhkan dokter karna menyangkut nyawa ibu itu atau bayi di kandungannya.. Padahal saya pasien umum bayar pribadi.. gak pernah bpjs. Dan saya tau dokter gak pernah membedakan mana pasien bpjs atau pasien dengan membayar umum. Mungkin ini di sebabkan karna saya juga sudah terbiasa berobat keluar negeri yang harus janji dan antriaann yang wooww.. dan saya juga sering berobat k beberapa spesialis terkenal di Medan yang kenyataannya juga bisa berjam jam antriannya. Tapi saya dan beberapa pengantri yang lain tetap sabar dan melakukan kunjungan rutin ke dokter yang sama tanpa ada paksaan dari dokternya untuk menyuruh kembali ke beliau.
    Saya rasa buat mbak dan pembaca blog dan beribu perempuan yang sudah banyak di tolong dan di selamatkan nyawanya oleh Allah melalui tangan dokter yang mbak ceritakan diatas... Alangkah baiknya kita mendoakan dan apresiasi atas kerja dokter itu selama ini.. bukan hanya beberapa saat waktu kita terbuang untuk menunggu beliau.. kita langsung menilai beliau seperti blog mbak diatas... saya takut Allah bisa murka dengan mbak dan anak mbak.. krn mbak pernah sempat ditolong dan di periksa dokter itu selama mbak hamil.:: mudah mudahan lagi blok ini gak terbaca dokter tersebut... takutnya mbak di doakan yang baik baik sama dokternya... kan lebih berabe lagi mbak minta maaf ke hablum min nannaas nya mbak.. ada Utang maaf mbak di akhirat hehehe.. mbak Islam muslimah kan?? Insya Allah paham

    ReplyDelete
  2. Kak kalo mau buat janji dengan dr eka sms kemana ya kak?

    ReplyDelete

Hai hai terimakasih udah mampir dan baca sampai akhir. Silahkan tinggalkan komentar biar aku bisa mampir ke blog kalian juga.
Cheers :D

UA-111698304-1