Thursday, January 18, 2018

#CERITAKEHAMILAN: Trimester Pertama

heartshape pregnancy picture

Bagi saya dan Ka Salam, trimester pertama adalah yang terberat.

Saat konsultasi pertama kali di usia kandungan 7 minggu 4 hari, saya dengan jumawa mengaku ke dokter tidak ada keluhan mual-muntah. Baru saya bilang begitu, malamnya saat pulang ke rumah Ka Salam terpaksa berhenti di jalan karena mendadak saya mual lalu hoek-hoek di trotoar.

Dan dari sanalah segalanya bermula.


Sejak saat itu, apapun yang saya makan pasti nggak bertahan lama di perut. Bahkan minum air putih pun bikin mual. Akhirnya saya jadi jaraaanggg banget minum air, paling 2-3 gelas doang sehari. Sebagai gantinya hampir tiap hari saya minum air kelapa murni. Udah gitu karena penciuman bak anjing pelacak, kemana-mana pasti muntah. Entah udah berapa kali saya muntah di Alfamart deket rumah.

Terus saya juga jadi anti banget sama bau bawang, kalo lewat warung makan pasti langsung kekep idung. Nemenin Ka Salam beli ikan, saya jauh-jauh deh nunggu di parkiran. Masuk dapur mual, liat tempat cuci piring mual. Hadeh!

Walhasil baru dua bulan hamil berat saya turun 5 kilo!

Padahal dulu jaman kuliah udah diet mati-matian bertahun-tahun ngilangin lemak 5 kilo susah banget mau mati rasanya. Waktu hamil turun dalam sekejab!

Ka Salam malah turun 7 kilo lebih. Asli saya nggak bisa masak, apalagi nyium aroma bumbu-bumbuan kari buat makanan Ka Salam sehari-hari, nyerah deh maz! Udahlah akhirnya Ka Salam yang masak sendiri dan nyuci piring. Sedih banget kalo inget waktu itu, Ka Salam harus masak dan makan sendiri sementara saya mengurung diri di kamar menahan lapar karena nggak tahan bau kari. Udah gitu jadi sering banget berantem juga. Abisnya gimana doong, kan pada laper yak, jadinya pada emosyienal. Orang hamil aja udah emosyienal apalagi orang hamil yang kelaperan kan.

Mana saya juga susah pup. *hubungannyeee apeeee?*

Tapi serius loh, ritual pup di trimester pertama itu udah kayak ajang perang sama diri sendiri. Dikeluarin sakit nggak dikeluarin juga sakit. T.T
Dilema~ sungguh-sungguh dilemaa~

Selain itu, ngapa-ngapain jadi maleeeeessss banget. Huh! Kerjaan cuma gegoleran aja di tempat tidur. Kelaperan, tapi mau makan juga mual, akhirnya hobi saya cuma mantengin akun-akun foodies di Instagram. Entah kenapa lapernya jadi berkurang. wkwkkw.. aneh ya, biasanya kan orang malah makin laper, sungguh hidupku ini t'lah jungkir balik.

Mungkin karena mual banget itu, jadi sama makanan beneran malah nggak berselera, belum lagi derita muntah setelah makannya. Udahlah, saya cukup liat video makanan aja.

Kadang kalo dipikir sekarang, gila banget masa trimester awal itu, makan cuma ditambel buah, biskuit, es krim, gorengan, itu pun lebih sering dimuntahin lagi, minum air juga dikiiiiitt banget, padahal dokter bilangnya nggak boleh dehidrasi harus banyak minum air putih, bla bla bla, tapi alhamdulillah Baby perkembangannya normal nggak ada masalah.

Dan selama awal kehamilan itu juga sampe usia kandungan kira-kira 4 bulan saya cuma minum folavit doang, which is kandungannya cuma asam folat 400 mikrogram! Nggak minum susu, nggak nambah suplemen apapun.

O anakku, darimana kamu dapat kalsium dan zat besi? darimana dapet vitamin?
Gila gila gila! Untung bayi aku nggak kenapa-kenapa Ya Allah.

Padahal ya kalo dibaca-baca, asupan kalsium, vitamin dan zat besi itu penting banget buat perkembangan janin di masa-masa awal kehamilan. Sementara saya baru mulai konsumsi suplemen kehamilan waktu usia kandungan 4 bulan, dan syukurnya waktu cek USG 4D di uk 6 bulan, nggak ada masalah sama organ-organ vitalnya, beratnya juga normal sesuai usia kandungan.

Alhamdulillah, bener-bener bersyukur rasanya. Walopun indeks air ketuban saya lumayan tingi sih (hampir 24, yang mana kalo naik 2 angka lagi udah harus disedot, gaes) mungkin karena trimester pertama kebanyakan minum aer kelapa? *sotoy*.

Duh, pokoknya sehat-sehat aja ya Baby di perut aku. Semoga lancar sampe persalinan juga. Mumumu.. :*

No comments:

Post a Comment

Hai hai terimakasih udah mampir dan baca sampai akhir. Silahkan tinggalkan komentar biar aku bisa mampir ke blog kalian juga.
Cheers :D

UA-111698304-1