Monday, February 12, 2018

#CERITAKEHAMILAN: Trimester kedua


Memasuki bulan kelima saya dan Ka salam berangkat ke India. Alhamdulillah gejala mual-mual udah mulai berkurang walaupun kalo masak tetep harus minta tolong Ka Salam potongin bawang dulu. Ngeheheh.. Sempet dua kali muntah di uk 5 atau 6 tapi itu karena saya kebanyakan makan. lol. salahkan mesjid yang ngirim nasi biriyani tiga hari berturut-turut.

Di trimester kedua ini entah kenapa badan mulai terasa sekali jomponya. Sering sakit pinggang dan susah tidur setiap malam. Dada juga udah sering sesak karena perut mulai besar, area diafragma saya sering ngilu rasa tertusuk.

Pernah satu malam saya kena heartburn attack, ohmama rasanya sungguh tersiksa. Nggak tau juga kudu ngapain karena selama ini nggak pernah ada keluhan kan. Semalaman saya nggak bisa tidur dan rasanya sakit banget sampe saya mikir ini pasti ada apa-apa sama baby. Kok ya rasanya sakit begini 😢😢

Ternyata pas google pagi-pagi ohh ini toh yang namanya heartburn. Emang sih hari sebelumnya saya nggak selera makan gitu cuma mau ngemil biskuit doang. Yah abisnya tiap hari ketemuanya kari mulu kan gimana saya nggak muak. Akhirnya maghrib-maghrib Ka Salam beliin saya shawarma dan saya pun langsung kalap karena kelaperan. Padahal ternyata ibu hamil tuh nggak boleh makan langsung banyak dan buru-buru gitu, harus perlahan karena ya kan sistem pencernaannya lagi nggak normal.

Baca juga: Makan Apa di India?

Terus kalo kena heartburn gitu, katanya buah pisang bisa bantu meredakan serangan, jadi lah sejak itu hampir tiap hari minta Ka Salam beliin pisang. Pisang filipina manis dan besar-besar, alhamdulillah saya nggak pernah kena heartburn lagi. Tapi hampir tiap pagi betis saya keram, wkwkwk.. Duh rasanya masya allah sekali, lagi enak-enaknya tidur, ngulet dikit otot betis langsung naik. Apalagi kalo pagi-pagi buta gitu Ka Salam susah banget dibanguninnya buat minta tolong mijitin huhu.. jadi lah saya mijit sendiri padahal baru juga lelap sebentar. Hiks.

Selama trimester 2 ini saya udah nggak sembelit lagi jadi bisa banyak makan buah. Apalagi buah di India lebih manis dan murah-murah. Saya yang dulu nggak doyan jeruk jadi hampir tiap hari makan jeruk. Lagi musim anggur hijau juga yang manis nggak ketulungan tapi saya nggak boleh makan banyak-banyak kan karena anggur rawan pestisida. Padahal anggur merahnya juga besar besar dan nggak berbiji.

Di bulan ke enam kehamilan juga saya mulai banyak ngecek ini itu. Lagi-lagi karena uji lab di India jauhh lebih murah daripada di Indonesia. Semuanya dicek dari mulai clothing time, bleeding time gula darah, kolesterol sampae tiroid. Totalnya ada tiga kali saya ambil sampel darah dan hasilnya hb saya ternyata rendah banget nggak nyampe 9 dan kolesterol saya tinggi. Wkwkwk... 😆😆😆

Saya juga kudu suntik tetanus sampe 2 kali! 😣💉

Hhh.. padahal dulu saya takut banget sama jarum suntik, tapi yaa yang namanya udah mau jadi ibu harus belajar berani. Kalo baru level jarum suntik aja saya udah cemen gimana mau melahirkan ye kan?

Baca juga: Balada Dokter Kandungan

Untungnya semua rasa sakit ditusuk jarum itu teralihkan dengan tendangan-tendangan cinta baby di dalam perut. Ah rasanya jadi ibu, sakit-sakit pun aku rela demi anak. Wkwkwk..

Mana tablet suplemen yang harus diminum juga banyak bangeet, udah gitu gede-gedee pula. Dari iron tablet, folic acid, sampe kalsium. Bagi saya yang dulunya paling males minum obat, kudu minum suplemen 4 tablet sehari itu rasanya sungguh tantangan. Walaupun kadang saya bolos juga sih minum suplemen karena mual. Hehehe

Kalo dipikir-pikir, di trimester kedua ini bener-bener diuji banget kesiapan saya untuk jadi seorang ibu. Hal-hal yang tadinya momok buat saya, mau nggak mau harus saya lakukan demi anak. Saya bener-bener jadi belajar lah apa itu pengorbanan. Selain itu entah kenapa di trimester kedua ini saya ngerasa jadi lebih sabar aja. Lebih sensitif tapi bukan yang meledak-ledak emosional gitu. Kalo ada apa-apa yang nggak enak yaudahlah ditelen aja, istighfar aja. Kalo udah yang sedih banget ya nangis aja di kamar mandi. Ngahahha.

Padahal dulu mah kalo ada yang nggak sreg pastilah saya udah yang beradu argumen AZGFKJSDHF tak berujung sama Ka Salam. Sungguh sia-sia dan cuma nambah kesel aja. Padahal kalo diem,  yaudah lah ya berlalu begitu aja, sejam dua jam juga udah ilang keselnya.

Plusnya saya sama Ka Salam jadi lebih jarang berantem, hati juga jadi lebih adem. ❤❤

5 comments:

  1. Semoga selalu diberi kekuatan, ya. Sehat selalu untuk bumil dan debaynya :)

    ReplyDelete
  2. Senangnya hamil-hamil masih bisa jalan-jalan, ke India bahkan yang lumayan jauh. Sehat-sehat terus ya ibu dan babynya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. alhamdulillah mbak, sekalian nengokin mertua. Amiin, makasih doanya mbak. Semoga mbak juga segera diberi momongan lagi. Amiin.

      Delete
  3. Moga sehat2 selalu ya dirimu, Mba. Begitupun dengan adek bayi yang Allah kasih untuk kalian berdua.

    ReplyDelete

Hai hai terimakasih udah mampir dan baca sampai akhir. Silahkan tinggalkan komentar biar aku bisa mampir ke blog kalian juga.
Cheers :D

UA-111698304-1