Saturday, February 10, 2018

Makan Apa di India?

Mumpung baru abis makan siang, saya jadi kepikiran nulis tentang makanan apa aja yang saya makan selama di India.

Loh bukannya cuma kari sama biriyani doang mel?
Emm, yaiya sih, tapi sebenernya di India bukan cuma ada kari doang kok. Ada juga makanan lain  yang nggak kalah enak.

Breakfast

Sebagai orang Endonesiah yang nggak terlalu doyan nasi, bisa dibilang waktu makan favorit saya ya sarapan. Lauknya sih masih tetep kari lah ya, atau bisa juga diganti acara atau chutney, tapi pengganti karbonya ada macem-macem nggak bikin bosen.

1. Chappati & Poori

Pasti udah tau lah ya, chapati ini penampakkannya persis banget tortilla. Kalo menurut saya sih cuma sebutannya aja yang beda. Dibuatnya dari tepung gandum, air, minyak dan sejumput garam. Chappati yang enak saat dipanggang harus menggembung kayak digambar sebelah. Itulah bukti kesempurnaan adonan yang HQQ. Nggak kekurangan air atau kelebihan minyak, dijamin nanti hasil akhirnya bakal lembut dan matang luar dalam. Kalo saya sukanya makan chappati pake selai cokelat. Yumm!

Oiya, waktu jalan-jalan ke Singapura sama Ka Salam saya juga ketemu kedai legendaris yang jualan chappati keema. Nah keema ini semacam isian samosa gitu, dibuat dari potongan daging cincang, bawang, kentang dan kacang-kacangan.

Versi lain dari chappati namanya poori, bedanya kalo chappati dipanggang, yang ini digoreng dengan minyak. Selain itu ada juga yang namanya tandoori roti dengan bahan dan adonan sama tapi cara masaknya ditempelin ke dinding tandoor (semacam oven mirip kendi berbentuk silinder).

2. Prata alias Paratha alias Porotha.

Nah yang ini persis roti cane kalo di Indonesia, bedanya di India prata itu rasanya cenderung tawar karena dipanggangnya pake ghee bukan margarin. Variasinya biasa diisi dengan kentang (namanya aloo paratha) atau keju. Eh diisi keema juga bisa ding (keema paratha) tapi yang jelas nggak ada varian manis cokelat-cokelat susu pisang keju kayak diindonesia ya karena di India kan makannya pake kari.

Sebenernya prata ini menu makan malam sih, soalnya kalo nyari prata pagi-pagi di warung pasti nggak bakal ketemu. Biasanya orang makan prata buat sarapan kalo ada sisa dari dinner hari sebelumnya atau stok frozen version beli di supermarket. Hehehe..

3. Roti & Naan

Hampir sama kayak paratha, roti dan naan juga dibuat dari tepung terigu. Bedanya bahan membuat naan lebih kompleks yakni pake yoghurt, telur dan baking powder. Rasanya juga lebih enak sih menurut saya. Hehe.. Sewaktu dipanggang biasanya naan juga ditaburi macam-macam kayak bawang, kismis, kacang mede atau cilantro. 

4. Pathiri & Idli

Nah kalo pathiri dibuatnya dari tepung beras, warnanya putih dan bentuknya bundar tipis. Cara pembuatannya totally sama kayak bikin chappati cuma beda tepungnya doang. Untuk sarapan, biasanya dimakan pakai kari atau teman-teman sejenisnya (maksutnya acar, sambar atau chutney) tapi bisa juga dibikin versi dessert dengan isian kelapa, gula merah, sedikit irisan bawang merah dan kapulaga lalu dikukus dengan bungkusan daun. Lah, dessert kok pake bawang sih mel? Auk ah aing juga bingung.

Kalo idli dibuatnya dari campuran beras dan urad dal (black gram) yang sudah direndam 6 jam, lalu difermentasikan semalaman. Cara masaknya dikukus pake cetakan idli sampe mengembang dan cara makannya juga sama kayak pathiri.
  
Pathiri & Idli

5. Puttu, Appam & Idiyappam

Iya! di India juga ada putu. Bedanya Puttu di India diolah asin dan bentuknya jumbo. Hehehe..Biasa dimakannya pake kari atau bisa juga dimakan sama pisang. Sementara appam atau kalau di Kerala disebutnya vellappam katanya sih mirip banget sama kue apem di Indonesia. Bentuknya kayak serabi solo gitu. Dibuat dari campuran beras dan kelapa yang telah difermentasikan selama 10 jam.

Cuma sayangnya saya belum pernah nyoba karena proses pembuatannya cukup sulit jadi jarang banget orang bikin vellappam di rumah buat sarapan. Tapi pasti selalu ada di hotel-hotel setiap jam sarapan. Btw, hotel di kerala itu maksutnya tempat makan ya, bukan tempat bermalam. Ohoho..

Nah kalo Idiyappam ini beda lagi, bentuknya persis putu mayang tapi teksturnya lebih kasar.

 
 Puttu-Appam-Idiyappam

5. Dosa alias Pancake

Nah ini dia favorit saya. Tiap makan di hotel pasti pesennya masala dosha. Biasanya dosa dibuat dari tepung beras, tapi ternyata ada juga dosa yang dibuat dari tepung terigu (maida dosa).

Maida dosa ini bisa dibikin manis dan asin. Yang manis biasanya pake telur, cardamon dan gula sementara yang asin cuma dicampur air, garam dan sedikit irisan bawang merah. Bedanya sama pancake terigu yang ala western, pancake terigu di India ini dipanggang dengan minyak agak banyak, kayak half fry gitu, jadinya bagian luarnya crispy tapi dalemnya chewy. Enyakk!


  

Selain dari tepung beras dan tepung terigu, ada juga pancake dari campuran kelapa dan semolina. Yang ini juga favorit saya, namanya Rava Dosa, dimakan pake kari enak, digadoin gitu aja juga enak. Padahal di Finland dulu saya nggak terlalu suka semolina karena teksturnya (di finlandia diolah jadi bubur dan dimakan pake lingonberry jam) tapi ternyata semolina ini enak banget dibikin pancake.

Lunch

Menu lunch sih standar ya, nasi putih biasa, kari, ikan goreng, upperi yakni side dish berupa tumis sayuran dengan kadege (nggak tahu apa bahasa inggrisnya kadege coy) acar dan kerupuk. Karinya bisa macam2, bisa dari sayuran, ikan, udang, ayam, etc.

Kalo di rumah hampir setiap hari karinya ya kari ikan atau sebutan lokalnya min curry. Nah min curry ini bisa diolah 2 macam, ada yang pake kelapa warnanya kuning kunyit dan tanpa kelapa warnanya merah. Rasanya kalo yang kuning lebih ke gurih pedas dan tajam aroma kunyit sementara yang merah rasanya asam pedas biasa aja kayak gulai asam padeh gitu.
Walaupun sebenernya nggak bisa disama ratakan juga ding karena tiap daerah cara mengolahnya bisa beda-beda.

Kalo kari sayur sih hampir selalu pake kunyit dan kelapa. Tapi ada juga yang namanya sambar, olahan kari sayuran dengan base kuah dal (kacang lentil). Saya sih nggak doyan. Hehehe..

Ngomong-ngomong soal sayuran saya memang nggak terlalu doyan olahan sayur di India. Ngebosenin soalnya. Selain dibikin kari, hampir semua olahan sayur di India ya dijadiin upperi (ditumis pake kadege dan bawang putih). variasinya juga gitu-gitu aja, kacang panjang, bayam, kol, bunga kol, daun kelor, lady's finger (ini ga tau apa bahasa indonesia nya). Yang beda paling sayur bit sama elephant yam (semacam umbi kayak kentang gitu). Kalo kol dan bunga kol biasanya ditambah bubuk kunyit jadi warnanya kuning, kalo bayam dan daun kelor dikasih parutan kelapa jadi agak mirip urap.

Satu olahan sayur ini juga biasanya pake satu macam sayuran aja, porsinya juga nggak banyak karena memang cuma side dish kan ya. Nggak kayak di indo lah sayuran bisa diolahnya macem-macem.. Kacang panjang aja bisa diolah berapa macem coba, jadi sayur asem, tumis pedas, diurap, direbus makan pake sambel etc. Satu olahan sayur juga isinya bisa dicampur macem-macem kan, dari sesama sayur sampe protein nabati hewani 😂😂

Padahal dulu saya kira karena di India banyak vegetarian masakan olahan sayur di India pasti enak-enak. Ah, nggak tahunya...

Yah, selera orang beda-beda sih ya.

Kalo acar memang jenisnya macam-macam, acar bawang aja ada yg pake yoghurt ada yg pake cuka, ada juga acar jahe sama acar lemon yang warnanya merah. Favorit saya ya molege acar alias acar cabe yang dibuat dari asam jawa dan gula merah, rasanya asem-asem pedes gitu.

Khusus kerupuk atau istilah lokalnya papadam di india memang cuma ada satu jenis. Dibuat pake gram bean alias kacang arab dan bentuknya bulat-bulat.
Tipikal lunch set di Kerala.
Nasi-kerupuk-acar-rasam-olahan ayam-sambar-upperi-dll

Dinner.

Kamu tipe yang skip makan malam karena diet? Duh kalo di India skip dulu aja dietnya karena di India dinner itu waktunya pesta pora.

Agak bingung sih kenapa makanan yang enak-enak justru dijualnya pas malem doang dari mulai berbagai olahan ayam bakar kayak chicken tandoori, chicken tikka, alfaham, shawaya sampe shawarma.
Indian grilled chicken 1-4:
Chicken Tandoori-Chicken Tikka-Shawaya-Alfaham
Jangan puyeng, karena semua yang saya sebutin itu sebenernya olahan ayam bakar, penampakkannya mirip-mirip ya tapi bumbu dan cara masaknya jelas beda-beda. Sebenernya saya juga nggak terlalu paham bedanya gimana, wkwkwk.. cuma taunya makan doang.

Yang pasti sih kalo chicken tandoori itu ya masaknya ditandoor, bumbunya kurang lebih sama kayak chicken Tikka cuma beda cara masaknya (cmiiw) sementara alfaham (my favorite) itu rasanya lebih light, agak-agak mirip ayam bakar bumbu kuning. Huehe.. Duh liat gambarnya aja udah bikin ngeces nggak sih.

shawarma
Nah kalo shawarma itu yang disebut kebab kalo di Indonesia (sementara kebab di India itu beda lagi geng). Sajian ayam/daging panggang yang dicacah dan dicampur sayuran, terus makannya pake roti dan mayonaise. Kalo di India shawarma ini bisa kita pilih mau porsi personal yang di wrap atau porsi plate. Udah gitu biasanya nanti dikasih komplimentari asinan cabe, timun atau wortel.

chicken 65
Selain menu ayam bakar, ada juga varian ayam goreng, yang paling terkenal namanya chicken 65. Kenapa 65? karena ayam yang dipakai untuk menu ini ayam yang masih muda dan nggak boleh berusia lebih dari 65 hari. Begitcyu.

Semua makanan yang saya sebutin itu nggak available kecuali kalo udah malem doang nggak kayak nasi biriyani lah yang pagi siang sore pasti gampang banget dicarinya.

Jadi ya kalo tetiba siang-siang pengen banget ayam bakar ya kudu nguprek-nguprek dapur bikin sendiri. :D Sama juga kalo siang-siang pengen masala dosa ya pasti udah pada abis dooongg 😂😂😂

Selain breakfast, lunch dan dinner, orang india itu juga demen banget minum teh. Dan minum teh nggak akan pernah afdhol tanpa kadi alias snack.
Nggak heran hampir di setiap belokan di India pasti ada bakery atau tea stall. Kalo di tea stall memang biasanya snacknya cuma goreng-gorengan biasa kayak samosa, uli wada (bakwan bawang), sugiyan (gorengan tepung terigu isi kacang hijau).

Tapi kalo di bakery snacknya pasti lebih banyak, dari mulai kue-kue bolu, keripik, cutlet, pastry sampe burger dan sandwich.

Ya karena kebiasaan ngeteh ini makanya orang india dinnernya suka malem banget karena ya kan masih kenyang waktu ngeteh sore-sore. Bahkan saya pernah diundang dinner di rumah kenalan, lah tapi mulai makannya jam 11 malem coba.

Astagaa itu makan malem apa mau sahur.
😧😧

*semua gambar dari google

4 comments:

  1. Waaa asyik banget, mba. India masih pakai visa sih ya. Kulinernya pun beragam ya dan sebagian ada yang dijual di sini juga. Kaget kalau ternyata kue appam pun di sana ada ya, haha... Acar bawang ini saya kurang doyan. Moga saya ada rezeki untuk icip2 langsung di sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, dulu ada sih visa on arrival, tapi baru-baru ini udah dihapus, jadi turis yang kepingin berkunjung ke India harus apply online dulu sebelum berangkat. :(

      Delete
  2. akuuu suka banget makanan india.. walopun blm prnh ke indianya, tp tiap kali nemu makanan ini di negara2 yg aku datangin, lgs suka.. mungkin krn rasanya kaya rempah yaaa.. sebagai orang sumatra yg terbiasa ma makanan penuh rempah , aku lgs suka ama makanan india ini..

    pernah pas diSeoul, aku nemu restoran Nepal-India yg makananya juara.. ayam gorengnya enaakk beeeut. dagingnya ttp lembut, dan moist kulitnya.. makanan2 lainnya kayak nasi biryani, swarma, naan, lassi, itu aku jg doyan... ada 1 sempet ga suka, butter tea.. kirain teh nya rasa gimnaaa gitu.. pas dicoba, yaiiksss mual langsung.. hambar, dan rasa butternya kuat banget.. ga ketelan ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, butter tea malah aku belom pernah nyobain mbak. Tapi pernah baca sih soal butter tea di bukunya supernova yang gelombang, kayaknya itu lebih tradisional nepal atau tibet gitu ya. Mungkin kalo di India utara sih banyak ya, tapi kalo di selatan tempat suamiku adanya buttermilk, bahasa lokalnya sambaram, rasanya kayak youghurt susu asin pedas gitu, wkwkwk susah dijelaskan. Seringnya sih aku nggak doyan, soalnya enek dan bau sapi, hahah tapi pernah satu kali beli di kereta rasanya lumayan enak, agak encer dan nggak terlalu kerasa butternya.

      Soal ayam goreng kayaknya aku pernah baca di postingan mbak fanny, dan emang bikin ngiler. wkwkwk..

      Delete

Hai hai terimakasih udah mampir dan baca sampai akhir. Silahkan tinggalkan komentar biar aku bisa mampir ke blog kalian juga.
Cheers :D

UA-111698304-1