Friday, February 09, 2018

Skincare Saat Hamil

Skincare yang aman digunakan selama kehamilan

Di usia kehamilan 7 minggu, saya udah mulai sibuk googling sana sini mengenai bahan kosmetik yang berbahaya buat janin. Dari grup kesehatan wanita yang saya ikuti, saya jadi tahu bahwa ternyata nggak semua produk kecantikan aman digunakan selama kehamilan. Secara garis besar, produk kecantikan yang bisa dikategorikan berbahaya itu antara lain produk pemutih, anti-aging dan anti-jerawat. Hati-hati juga dengan produk cat kuku, pewarna rambut  dan wax kimia perontok bulu.

Biar lebih amannya, yuk buibu, cek bahan kandungan produk kecantikan masing-masing, kira-kira udah aman atau belum ya untuk perkembangan janin.

Bahan kandungan berbahaya.

1.Produk anti-acne & anti-aging yang mengandung;

  • Beta Hidroxy Acid atau BHA meliputi beta-Hydroxybutyric acid, beta-methylbutyrate, carnitine. Termasuk juga  salicycil acid, 3-hydroxypropionic acid, trethocanic acid, tropic acid. Kandungan BHA ini biasanya terdapat juga pada produk pembersih, anti-aging dan lotion.
  • Benzoil Peroxyde
  • Retinoid meliputi accutane, adapalene, bexarotene, differin, etretinate,  renova, retinal, retinol, retinyl palmitate, tazarotene, tretinoin dan isotretinoin. Selain pada produk anti jerawat, retinoid juga terdapat pada masker wajah.

2. Produk pelembab & pemutih yang mengandung;

  • Hydroquinone
  • Merkuri
  • Stearic Acid
  • Dioxane

3. Produk pewarna rambut & cat kuku yang mengandung;

  • Diethanolamine (DEA)
  • Phathalates
  • Toluene, meliputi antisal 1a, methylbenzene dan toluol.

4. Produk deodoran & wax yang mengandung;

  • Aluminium Chloride Hexahydrate
  • Thioglycolic Acid termasuk juga acetyl mercaptan, mercaptoacetate, mercaptoacetic acid, thiovanic acid.

5. Produk self tanning & pelangsing yang mengandung;

  • Dihydroxyacetone (DHA)
  • Regimex (Benzhpethamine)

6. Produk Pengawet yang mengandung;

  • Parabens termasuk propyl, butyl, isopropyl dan methylparabens
  • Formalin, meliputi quaternium-15, dimethyl-dimethyl (DMDM), hydantoin, imidazolidinyl urea, diazolidinyl urea, sodium hydroxymethylglycinate, 2-bromo-2-nitropropane-1 serta 3-diol (bromopol). Bahan kandungan formalin ini biasanya ditemukan dalam beberapa produk cat kuku, produk pelurus rambut dan lem bulu mata.
Selain itu, sebaiknya hati-hati juga dengan produk tabir surya dengan perlindungan kimia seperti avobenzone dan oksibenzone. Sebaiknya pilih produk tabir surya dengan bahan titanium dioxide atau zinc oxide yang lebih ringan.

Kandungan bahan kimia pada kosmetik ini meskipun cuma  untuk pemakaian luar tapi tetap bisa masuk ke pembuluh darah lewat por-pori. Seterusnya kalo sampai terserap masuk ke plasenta akan sangat berbahaya buat perkembangan janin, seperti resiko cacat lahir, perkembangan janin terganggu, keracunan, kanker, kelainan jantung dan paru-paru, alergi, gangguan pertumbuhan sel saraf, gangguan reproduksi khususnya pada janin laki-laki, keguguran hingga kematian pada bayi.

Serem kan?

Makanya saya nggak ragu untuk langsung screening kandungan di produk kosmetik yang saya pakai. Hasilnya? hampir semua harus diganti dong, wkwkwk... kecuali satu sih yaqni produk ketek.

Deodorant.

bedak tawas MBKNggak tahu kenapa sejak dulu saya memang nggak terlalu suka sensasi licin-licin semriwing di ketiak sehabis pakai deodorant. Kalo pake yang versi kering pun malah jadi ada stain di lengan baju kan tapi ya karena saya lebih nggak suka lagi ketek basah dan berbau akhirnya selama bertahun-tahun saya tetap bertahan pada deodorant konvensional. LOL

Sampai kemudian hidup mengenalkan saya pada bedak MBK. Hahahahah..
But seriously, saya merasa beruntung banget tahu soal bedak ketek ini. Selain karena kandungannya yang dijamin aman karena hanya mengandung parfum dan tawas, harganya pun murah and it does the job, itu yang terpenting.

Soalnya dulu pernah waktu saya baru pindah ke Medan dari Jogja dan nggak tahu mau cari bedak ini dimana, akhirnya saya coba pakai bedak ketek merek lain dan percaya lah kawan, tidak ada yang bisa menandingi bedak MBK. Serius!

Kalau sekarang sih saya selalu beli di hypermart satu kotak harga 25 ribuan dan itu cukup untuk satu tahun. Gila nggak tuh.

SPF

Wardah DD cream

Untungnya dari sebelum hamil saya udah punya produk DD Cream Wardah yang mengandung SPF 30. Walaupun dulu dipakainya jarang-jarang karena untuk sehari-hari moisturizer yang saya pake udah lebih dari cukup untuk bikin muka nggak kelihatan bulukan dan ada perlindungan UV nya juga. Tapi ternyata moisturizer yang biasa saya pake mengandung paraben.

Akhirnya setiap keluar rumah saya rutin pake DD Cream ini untuk menghindari efek buruk sinar matahari.

Moisturizer

Tadinya saya rajin pake moisturizer sehabis mandi, tapi sejak hamil ini, kok ya pake DD cream buat sehari-hari padahal di rumah doang nggak kemana-mana buat apa juga yekan. Jadi lah saya setiap habis mandi nggak pernah pake pelembab lagi, etapi ternyata lama-lama muka saya jadi kusam bulukan, yaudahlah ya bodo amat, ntar abis lahiran tinggal perawatan. Sampe akhirnya muka yang udah buluk jadi kasar kering mengelupas dan itu agak bikin saya nggak nyaman.


Minyak penumbuh rambut merk ParachuteOiya, sebelumnya untuk pengganti moisturizer saya sempet pake parachute pure coconut oil yang saya bawa dari India. Itu sebelum akhirnya saya sadar LAH INI KAN PRODUK PENUMBUH DAN PENGUAT RAMBUT kalo tiba-tiba nanti muka saya ditumbuhi bulu-bulu lebat gimanaaa doong? 

Kan nggak lucu ya.

Ya walaupun sebenernya banyak juga sih produk skincare wajah dari minyak kelapa, dan parachute ini juga sebenernya edible buat dikonsumsi karena memang terbuat dari 100 persen minyak kelapa murni. Malah kadang sama mertua dipake buat masak kalo stok minyak kelapa di rumah abis tapi yakan saya parno aja secara saya juga pake ini minyak di perut dan bulu-bulu di perut saya rasa-rasanya jadi lebih panjang dari sebelumnya gitu. Wewewew πŸ˜•

Akhirnya saya googling lah cari-cari produk moisturizer yang aman digunakan selama kehamilan. Mau beli moisturizer wardah yang udah pasti aman tapi ragu-ragu karena pengalaman lalu di saya moisturizer wardah kayak kurang ngefek gitu.

Etapi kok ya liat-liat review wardah hydrating aloe vera gel di youtube kayaknya oke dan hype banget. Akhirnya setelah berbagai pertimbangan saya putuskan lah mau coba varian moisturizer wardah tersebut.

Saat datang ke toko komestik... aloe vera gel nya kosong dong!

Si embak SPG malah rekomendasi produk wardah lain yang seri nature daily purifying moisturizer gel with witch hazel karena katanya banyak costumer yang pake hydrating aloe vera gel malah jadi jerawatan gitu. Sebenernya agak-agak nggak percaya sih sama omongan mbaknya tapi karena waktu itu udah malem dan males nyari-nyari lagi ya saya nurut aja lah daripada ini muka semakin kering kerontang ngalah-ngalahin padang pasir, salah-salah jadi tempat tinggal onta ye nggak

Saya pun beli produk yang si embak rekomendasikan dan ternyata... AJIB LOOH.
Wardah nature daily aloe vera dan witch hazel

Moisturizernya enak banget. Bentuknya gel gitu tapi waktu diaplikasikan berubah jadi water base, jadi cepat menyerap. Baru beberapa kali pake aja udah berasa banget muka saya jadi aluuusss dan bener-bener purify area-area kasar di wajah. Oh mukaku jadi balik kayak pantat bayi. akusenangg!

Udah gitu waktu dikombinasikan sama DD cream yang saya pake, si DD creamnya jadi gampang banget diblend dan hasilnya jadi makin smooth gitu. Enak banget lah pokoknya.

Love banget sih ini, ehtapi setelah saya baca-baca, yang versi witch hazel ini buat kulit wajah berminyak ya ternyata padahal ada juga seri nature daily lain yang warna hijau yaqni aloe hydramild moisturizer cream buat dry skin.

Wah dalam hati saya, pas banget kan ini, kandungannya dari lidah buaya tapi teksturnya krim. Coba ah siapa tau lebih oke kan secara kulit muka saya tipe yang kering kerontang padang sahara. Lagian waktu itu ceritanya saya mau berangkat ke India dan bulan november-desember di india itu lagi winter, pasti lah muka saya nanti jadi super kering banget. Oke fix saya beli lah satu walaupun waktu itu yang witch hazel masih sisa banyak banget.

Waktu dicoba... KOK MALAH ENAKAN YANG GEL??

EMMM.. yang aloe hydramild ini juga enak sih sebenernya, melembabkan iya, menghaluskan juga, tapi kalo pas lagi wudhu muka kebasuh air, jadi berasa licin gitu. Emang sih waktu saya pake di India si aloe vera ini lebih tahan lama jadi cuma perlu reapply beberapa kali aja nggak kayak witch hazel yang baru dipake tapi muka udah berasa kering lagi dalam sekejab. Cuma yaa ituuu, jadi licin tiap cuci muka, saya nggak suka.

Udah gitu waktu dikombinasikan sama DD cream lapisan pelembabnya jadi mengelupas gitu, malah susah diblend. 😧

Lotion.

Jujur sejak sebelum hamil saya memang udah yang paling males pake lotion. Asli kalo beli lotion, lewat setahun juga belum tentu abis saking malesnya. Itu lotion the body shop aja yang seri cherry blossom hadiah dari mertua dari awal tahun 2016 sampe sekarang masih ada lebih setengah.

Beberapa kali juga beli lotion berSPF tinggi biar nggak gosong di India tapi yaa dipakenya beberapa kali aja waktu awal-awal beli. Setelah itu lupaaa, dan males. πŸ˜‘

Jadi yaa selama hamil saya nggak niat-niat banget nyari lotion karena kan rata-rata body lotion itu claimnya memutihkan sementara pada dasarnya produk yang harus dihindari oleh bumil itu ya salah satunya produk kosmetik pemutih.

Saya baru mulai cari-cari oil waktu di India karena perut dan payudara mulai kerasa gatel-gatel. Tadinya sih niat mau beli bio oil karena ternyata harganya setengah dari harga di indo. Tapi susahnya cuma bisa dibeli di amazon huhu karena gak sabar akhirnya Ka Salam beliin olive oil di toko barang-barang impor di tirur.

bilginoglu pure olive oil
merknya Bilginoglu,
produk minyak zaitun dari turki
Sebenernya ini bukan extra virgin olive oil sih malah saya curiga jangan-jangan ini minyak zaitun buat masak 😢😢 tapi lagi-lagi yaudahlah bodo amat. Prinsip saya what you can eat you can use it as skincare too. Yenggak?

Pas mau balik ke Indonesia, minyaknya masih ada nyisa tapi karena packagingnya rawan tumpah nggak cocok dibawa travelling akhirnya saya kasih aja ke ibu mertua. Lumayan buat doi masak masak kan kalo minyak kelapa di rumah lagi abis. hoho..

Nyampe indonesia olive oilnya saya ganti baby oil biasa. Toh sama aja. Yang penting sih menurut saya perut sama payudara kudu banget diminyakin selain untuk mengurangi gatal-gatal juga menghindari stretch mark setelah melahirkan.

Face wash.

Kalau sebelum hamil saya malas pake lotion setelah hamil kemalasan saya jadi bertambah yaitu malas cuci muka pakai sabun. Heheheh..
Mungkin karena hamil anak cowok jadi bawaannya malas merawat diri.

Normalnya saya cuci muka pake sabun pembersih itu yaa minimal sehari dua kali, pagi dan malam. Bisa tiga kali kalo siang-siang abis dari luar dan keringatan, lahh inii selama hamil bisa dua hari sekali saya cuci muka pake sabun.

Kalo cuci muka biasa sih tetep lah karena kan kalo wudhu muka pasti kebasuh air tapi entah kenapa maleeesss banget pake sabun pencuci muka. 😩😩

Karena jarang-jarang banget make produk pencuci muka akhirnya saya nggak sibuk-sibuk amat nyari produk pengganti. Untungnya produk face wash saya sebelumnya nggak mengandung paraben sih, cuma mengandung stearic acid yang disinyalir bisa memicu kanker, ngahahahah

perawatan wajah dengan horlicks oats
oats 1.4 kilo harganya 36 rebu doang.
mamam tuh!
Sampe akhirnya saya nggak sengaja baca artikel perawatan tubuh dari oats. Kebetulan waktu itu ada stok oats di rumah dan nggak abis-abis. Ye gimana mau abis orang waktu itu oats-nya ada hampir 1.5 kilo. wkwkkw..

Akhirnya daripada mertua ngomel mulu kenapa beli oats banyak banget tapi nggak dimakan-makan akhirnya saya pake lah itu oats buat luluran. Iya luluran.

Lagi-lagi dengan prinsip what you can eat you can use it as a skincare too. Saya juga pake itu oats buat face mask dan face wash.

Ternyataaa enaaaak. Teksturnya cocok banget buat ngescrub muka. Berasanya jadi licin dan halus banget walopun nggak bikin cerah juga yaa. Untuk face wash saya pake satu sendok makan dicampur air keran doang sedangkan buat lulur saya pake 5 sendok makan dicampur air dan minyak kelapa hasil nyolong dari dapur mertua. Eheheheh. Bisa juga dikasih madu sama perasan lemon kalo mau efek mencerahkan.

Untuk masker muka sih memang agak repot karena oatnya jatuh-jatuh dan jadinya messy banget. Tapi buat face wash sama sekali nggak ribet. Cukup ambil oats satu sendok, digenggam ditangan terus kasih air dan tinggal massage-massage aja dimuka. Coba deh, abis itu pasti muka jadi kerasa alus dan enak banget.

Shampoo

Kalo soal sampo kebetulan waktu itu Ka Salam lagi nyoba treatment pake sampo Natur varian ginseng untuk masalah kerontokan rambut dia. Yaudah daripada susah nyari-nyari lagi, saya ikutan nebeng aja pake sampo Ka Salam, wkwkw anaknya males ribet banget yak.

Cuma nggak enaknya sampo natur ini bikin rambut kaku dan gampang kusut mungkin kurang bahan kimia :P Nah buat ngakalinnya, 1-2 kali seminggu saya olesin minyak kelapa di sekujur rambut sebelum mandi, hasilnya rambut udah nggak berasa kayak sapu ijuk lagi. Hehehe..

Minyak kelapanya saya pake merk Parachute yang udah saya mention sebelumnya. Saya kurang update sih merk minyak kelapa yang available di Indonesia, tapi kayaknya kalo cari di marketplace atau instagram ada banyak ya. Sebenernya nggak harus minyak kelapa juga sih, minyak apa aja juga bisa, kebetulan di India mertua suka bikin minyak-minyak herbal dari campuran berbagai macam akar tanaman, jadi saya udah tinggal nebeng aja.

Udah lah sampo nyolong punya suami, masih nyolong minyak mertua juga. Akuh ini peyempuan macam apah??

Yeh, yang penting kan bukan nyolong minyak SPBU yenggak.

Ternyataaa berganti ke produk yang lebih aman nggak selalu berarti lebih mahal dan jadi repot ya, malah di saya jatohnya lebih hemat. Kayak bedak MBK itu 25rebo udah bisa dipake setahun, ngehehehe...dan hampir semua produk lainnya juga cuma berkisar 20ribuan doang.

Cheers 😊

No comments:

Post a Comment

Hai hai terimakasih udah mampir dan baca sampai akhir. Silahkan tinggalkan komentar biar aku bisa mampir ke blog kalian juga.
Cheers :D

UA-111698304-1