Friday, February 23, 2018

WINTERTRIP KUUSAMO: Asiknya Bermain Ski di Rukatunturi


23 Februari 2015

Hari itu sehabis sarapan, kami langsung siap-siap cabut ke ski resort yang ada di Ruka. Jaraknya nggak begitu jauh dari hotel, sekitar 22 kilometer. Pagi itu Rukatunturi udah lumayan rame, kami pun langsung pada rusuh ganti snowsuit di parkiran. Heikki dan Maria sibuk makein sepatu ski ke anak-anak, termasuk saya, wkwkkw.
parkiran ski resort Ruka
Mau main ski itu ribet ya ternyata, kami lumayan lama di parkiran, ada kali 1.5 jam, secara pecahan botol ada 4, ditambah saya jadi 5 sementara yang kerja cuma Heikki sama Maria aja. Kami pun antri dipakein sepatu bergantian. 

Setelah semua ready saya pun jalan kaki masuk ke resortnya dan iniiii masya Allaahh lebih-lebih perjuangan lagi. Ya bayangin aja, jalan di darat pake sepatu kodok buat snorkling aja udah susah kan, ya, nah ini apalagi kudu jalan dengan sepatu sepanjang jalan kenangan. 😫😧

karena lama, di parkiran foto-foto dulu
Sebenernya ini bukan kali pertama saya nyoba main ski. Selama musim dingin, lingkungan tempat tinggal kami memang jadi area ski loop yang banyak dilewati orang-orang main ski tiap hari. Maria dan bocah-bocah di rumah pun rutin berski ria tiap minggunya. Wong cuma modal snowsuit sama alat ski doang. Nggak heran Peppi, Minttu dan Pyry bisa dibilang udah level mahir, sementara Lotta yang masih 4 tahun bisa dibilang masih pemula walaupun skill ski nya jelas-jelas jauh lebih jago dari saya. T.T

Yaa gimana mau naik levelnya, orang mau belajar aja saya udah putus asa duluan.

Hhh.. yabiarlah tak bisa ski pun ku tak mengapa.

Ski Resort Ruka

Walaupun di ski resort ini ada lebih dari 30 slopes dengan ketinggian maksimal nyaris 500 meter dan slope terpanjang 1.3 km, tapi selama di Ruka, saya cuma nyoba slope yang paling pendek doang. Iya slope 50 meter yang isinya toddler-toddler semua itu, plis jangan bully akoo. T.T

Eh ternyata belajar ski di resort itu lebih seru ya daripada main di loop deket rumah, soalnya naiknya pake alat, wkwkwk kalo di hutan kan kudu berjuang sendiri dan susyaaahh..hhh. Tiap ketemu tanjakan, kudu didorong-dorong orang dulu dari belakang, kalo nggak yaa saya munduuurrr kejengkang.

Nah di resort ini naiknya pake conveyor lift terus tinggal meluncur deh wuusshhh, cuma modal jaga keseimbangan doang. Walaupun ya saya masih susah ngerem sih jadinya masih sering jatoh-jatoh. Eheheheh...
slope isi toddler
Ruka map
Untungnya hostdad dan hostmom selalu setia jagain saya, bantuin saya bangun tiap kali jatoh. Walaupun sebenernya ini agak memalukan sih karena plis lah saya udah tuek, dan fakta kalo saya nggak pernah bisa bangun sendiri setiap kali jatoh itu artinya saya gendoott. Huh. Cebel.

"Biar sebel tapi tetep seru!"

Iya seru banget sampe akhirnya saya keseruan sendiri dan meluncur tak terkontrol, nggak bisa ngerem ataupun belok, lalu sukses nabrak tiang konveyor dan hampir bikin celaka toddler umur 5 tahun. Uhuhuu..

Sumpah lah itu maluuuu banget asli. Mana abis itu ditolongin orang-orang (yaiyalah masa nggak ditolongin). Sakitnya sih enggak tapi harga diri terluka mak. 😳😳

detik-detik sebelum nabrak tiang konveyor
Yaudah aja, akhirnya setelah kejadian itu saya kelar berseluncur seluncur manjah, dan alat ski-nya jadi dipake Maria. Iya, tekad belajar saya emang cuma sedangkal itu. Cih.

Abis itu saya cuma duduk-duduk aja di gundukan salju kotor yang lumayan tinggi. Untungnya saya masih pake snowsuit jadinya masih bisa main perosotan salju sama toddler-toddler sementara Maria udah naik chairlift sama Peppi, Minttu, Pyry dan Lotta buat main ski di sirkuit yang lebih panjang. Karena nggak ada yang perlu dijagain lagi (saya maksudnya) Heikki pun milih duduk-duduk di kafetaria sambil ngopi ngopi tamvan.

Maka dengan begitu sempurna lah saya sebagai anak ilang.

Karena nggak tahu mau ngapain, akhirnya saya foto-foto keadaan sekitar aja. Untungnya saat saya udah mulai kedinginan Heikki dan Lotta nyamperin saya, nanya mau ikut ke supermarket atau enggak. Jelas aja saya milih ikut doong.

Kami pun langsung berangkat naik mobil dan ternyata supermarketnya lumayan jauuuhh, ada kali setengah jam lebih. Eh tapi nggak tahu ding, itu beneran rute ke supermarket apa Heikki sengaja milih rute yang lewat puncak, soalnya pemandangan di puncak itu bener-bener wow bikin saya merasa lagi di negeri narnia.
Welcome to Narnia
Sungguh pemandangan yang aduhai. Saya baru pertama kali lah liat pohon-pohon diganduli salju berkilo-kilo gitu. Ah aku terkesimaa.

di supermarket bersama Heikki dan Lotta
Nyampe supermarket, kami beli roti, sosis, mustard dan jus, lalu langsung balik lagi ke resort buat makan siang. Ternyata di area ski tersedia juga dua buah lean to dan perapian buat barbecue, mirip banget kayak yang ada di campfire site Repovesi.

Baca juga Jelajah Ketunlenkki: Pengalaman Tersesat di Taman Nasional Repovesi.

Tapi yang di Ruka ini bukan campfire site sih, cuman semacam rest area doang.

Karena emang lagi jam makan siang, disini rameee banget sama orang-orang yang asik bakar-bakar sosis. Saya pun nggak mau kalah ikut bakar sosis juga, sembari waspada supaya sosis ayam saya nggak ketuker sama sosis non halal mereka.

Waktu lagi asik bakar-bakar sosis itu, tanpa diduga saya menemukan kehangatan dari perapian. Langsung aja saya makin sodor-sodorin muka ke dekat pemanggang yang bau sosis babi, ah nggak taunya hidung sama pipi saya jadi hitam-hitam kena asap. Ggrrrr!

Untungnya sih ini cepet dikasih tau Minttu, coba kalo nggak, tentu saya udah kesana kemari dengan muka cemong.

Setelah cukup mengisi perut, Maria dan anak-anak lanjut main ski lagi. Saya pun balik jadi anak ilang. Sendirian berkeliaran sembari chatting sama Ka Salam, padahal jari-jari juga udah mulai kaku akibat keseringan lepas pasang sarung tangan. Akhirnya lama-lama saya nggak kuat juga sama cuaca di luar yang dingin banget itu. Muka dan jari kaki saya juga udah berasa beku.

Karena udah super nggak tahan di luar ruangan saya pun masuk ke kafetaria yang saat itu lagi penuuuhhh banget sama manusia. Asli bejubel, udah ngelebih-lebihin pasar. Mana berisik banget pula. Udah gitu semua tempat duduk pada penuh, jangankan tempat duduk, ada space berdiri tanpa harus kesenggol sana sini aja udah sukur.

Akhirnya lah saya ngacir ke toilet. Lumayan anget, walopun nggak bisa lama-lama juga karena GILAA ITU TOILET JUGA RAMEEEE COY UDAH KAYAK APAAN.

Hhhh..

Dimanakah kan kutemukan kehangatan yang haqiqi? Yang nggak bikin muka cemong, tanpa harus denger orang ketak ketuk pintu toilet.

Akhirnya ya saya bolak balik aja keluar masuk ski bistro. Sebenernya ini kaki udah sedingin es batu karena kaos kaki saya ternyata basah. Mana hostfam juga nggak tahu pada dimana, akhirnya saya balut-balut aja tuh kaki pake tisu toilet. Gini nih kalo orang mau survive tapinya bego. Maap lah saya nyampah bet.

Sebab bertahan hidup di kutub itu sulit. Aku ra kuat. Udah kamu aja. #eaak #MendadakDilan #DilanYangLemah #CIH

Ski Bistro penyelamatque
Setelah kesengsaraan yang begitu panjang (padahal cuma satu jam doang), akhirnya saya ketemu Heikki dan Lotta di kafetaria. Mereka berdua ngajak saya cabut ke suatu tempat. Yaudah kami cus berangkat naik mobil deh bertiga. Nggak nyampe 15 menit, mobil berhenti lagi di parkiran sebuah tempat yang lumayan rame sama kendaraan lain.

Kujala Reindeer Farm

Ternyata ini kayak peternakan rusa kutub gitu. Kalo nggak salah lokasinya ada di Kujala. Tapi buat nyampe ke kandangnya kami harus jalan kaki jauuuhh banget dari parkiran. Sebenernya nggak terlalu jauh sih, cuma karena salju tebal dan letaknya di ujung gunung kayak sekolah ki jeong pup jadinya makan waktu (dan energi) banget.

Udah gitu kita juga harus awas sama para skiers dan snowboarders yang meluncur turun dari atas dengan kecepatan tinggi karena memang lokasi kandangnya ada di tengah sirkuit ski.  Jadi ya mesti sering-sering melipir ke balik pohon buat ngehindarin mereka. Beberapa kali saya sempet hampir ketabrak, tapi untungnya rata-rata dari mereka udah pada mahir, jadi bisa langsung stop atau ngepot ke samping.

Selain dengan ski dan snowboard, akses ke sini bisa juga pake snowmobile, tapi yang jalan kaki kayak saya juga nggak kalah banyak.

Rudolf the reindeer
Akhirnya setelah jalan nanjak (plus kejeblos-jeblos salju) kira-kira setengah jam  kami bertiga nyampe juga di atas. Nggak lama kemudian, datang Maria dan anak-anak masih dengan peralatan ski mereka. Di sana kami nggak ikut tur apapun sih, cuma elus-elus dan foto-foto rusa doang.

Konon peternakan rusa Kujala ini udah berdiri sejak tahun 1860. Tersedia juga beberapa paket tur baik di musim dingin maupun musim panas. Di musim dingin, kita bisa merasakan pengalaman reindeer sleigh-ride dengan harga 27 euro untuk jarak 300m dan 59 euro untuk jarak 1.5km. Lucunya tersedia juga servis reindeer taxi yang bisa kita pesan buat nganterin kita kemana pun, jadi kayak gocar atau uber gitu, tapi yaa tarifnya 100 euro per jam plus 15 euro per orang.

Karena udah mulai gelap, kami pun memutuskan buat balik ke resort soalnya rata-rata jalur ski di Ruka ditutup jam 7 malam, bahkan ada juga yang udah tutup sejak jam 6. Waktu mau balik ini, nggak tahu kenapa Lotta malah ikut rombongan ski Maria. Jadi lah yang ke resort pake mobil cuma saya sama hostdad doang.

Nyampe di resort saya mutusin nunggu di mobil aja. Walaupun pemanas mati karena mesin mobil nggak nyala, seenggaknya masih lebih hangat lah daripada berkeliaran di luar. Sendirian di mobil, buru-buru saya buka kaos kaki yang udah basah kuyup plus gumpalan tisu-tisu yang nggak kalah kuyupnya akibat kejeblos-jeblos salju waktu di peternakan rusa. Kaki saya udah keriput dan sedingin es. Saya pun langsung cepet-cepet make kaos kaki cadangan yang saya simpen di tas. Rasanya langsung cespleng, seakan seluruh derita dunia di angkat Tuhan. Call me lebay, tapi rasanya memang begitu kok :')

Nggak lama kemudian, Peppi dateng sambil gemetar kedinginan, disusul Minttu dan Pyry, ketiganya  langsung ganti kaos kaki yang juga pada basah, lol, padahal mereka bertiga udah pake ski boot loh itu. Saya pikir pake ski boot nggak bakalan basah, tapi ternyata sama aja toh.

Setelah semua orang lengkap di mobil, kami pun bergerak balik ke hotel.

Jangan lupa baca juga cerita sebelumnya, WINTERTRIP KUUSAMO: Hiljainen Kansa


Ruka Ski Resort open hours 9.30-07.15p.m (except Friday close at 11.15p.m)
Website: www.ski.ruka.fi










3 comments:

  1. enak ya bisa ketemu salju, kalo pengin minum es gak perlu beli hihi

    ReplyDelete
  2. Mba ngomong2 dirimu memang tinggal di sana ya. Huaa seru ya bisa nyobain main ski. Kalau saya mungkin bakalan di ketawain sama para toodler itu, haha... Susah juga ya jalan dengan sepatu ski-nya. Nanti ski tahun depan udah mahir deh mba, haha...

    ReplyDelete
  3. Kapan ya aku kesampaian main salju kayak kak Melyn 😓

    Kalo suatu saat kesampaian, aku akan nyoba duduk di salju ngga pakai baju penghangat ... biar ngrasain beneran dinginnya salju ...

    ReplyDelete

Hai hai terimakasih udah mampir dan baca sampai akhir. Silahkan tinggalkan komentar biar aku bisa mampir ke blog kalian juga.
Cheers :D

UA-111698304-1